Rabu, 15 Juli 2009

KEGUNAAN LAN

LAN = Local Area Network
Ini adalah koneksi perangkat (seperti komputer, printer, storage, dlsb) yang berada di suatu lokasi (misalnya di satu gedung/rumah) menjadi satu kesatuan jaringan.
Gunanya supaya perangkat-perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya, terutama untuk fungsi sharing.
Contohnya adalah Ethernet LAN, dimana 10 PC dan 1 Printer terhubung ke 1 Hub sebagai pembentuk LAN. 10 PC tersebut kemudian bisa melakukan sharing file diantara mereka, dan juga sharing penggunaan 1 Printer tadi. Dengan LAN, biaya kebutuhan perangkat bisa lebih ditekan (daripada 10 Printer untuk 10 PC, lebih murah 1 Printer + 1 LAN untuk 10 PC).

MAN = Metropolitan Area Network
Ini adalah koneksi seperti LAN, namun dengan ruang lingkup yang lebih luas, seperti di suatu RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, bahkan satu Kota.
Gunanya tentu saja sama seperti LAN.

WAN = Wide Area Network
Ini adalah jaringan sambungan yang menghubungkan beberapa LAN/MAN. Ruang lingkupnya lebih besar daripada MAN, walau bisa saja ukuran daerahnya (kilometer per segi nya) lebih kecil dari MAN.

Memang MAN dan WAN itu agak bersinggungan, sehingga bisa membingungkan. Namun kuncinya disini adalah: MAN = LAN yang besar, sementara WAN = sambungan beberapa LAN.
Perangkat yang digunakan oleh MAN biasanya milik sendiri, sementara WAN biasanya 'numpang lewat' melalui jaringan orang lain.

Contoh hubungan LAN ke MAN dan WAN:
Ada 2 kantor milik anda di Bandung. Masing-masing kantor berisi LAN. Kemudian anda membeli perangkat Radio Link untuk menghubungkan kedua kantor tersebut. Nah, ini adalah MAN.
Selain di Bandung, anda punya 1 kantor lagi di Surabaya. Karena tidak mungkin membuat sambungan sendiri dari Bandung ke Surabaya, maka anda menyewa sambungan dari Telkom untuk menghubungkan kedua kota tersebut. Nah, ini adalah WAN.

Bandwidth adalah ukuran besaran data yang bisa dikirim dan diterima, biasanya dalam satuan bit per detik (bit per second/bps, dimana satu huruf/angka itu terdiri dari 8 bit, atau dikenal sebagai 1 Byte). Suatu LAN dengan koneksi Ethernet mempunyai kemampuan rata-rata 10Mbps (10 juta bit per detik). FastEthernet mempunyai bandwidth 100Mbps.

Data adalah informasi yang anda miliki. Bisa berbentuk file, email, gambar, suara, video, dlsb.

Paket adalah proses pengiriman Data melalui jaringan LAN/MAN/WAN. Pada saat anda ingin melakukan sharing file/data ke perangkat lain, data tersebut akan otomatis diolah terlebih dahulu, menyesuaikan dengan tipe jaringan (apakah LAN? WAN?). Setelah diolah, akan menjadi bagian-bagian kecil yang disebut Paket. Bagian-bagian kecil ini yang akan dikirimkan berurutan ke tujuan. Kecepatan jaringan anda (=Bandwidth) yang akan menentukan berapa banyak Paket yang bisa anda kirimkan dalam satu detik.

Contoh, untuk jaringan Ethernet LAN, besaran Paketnya adalah sekitar 1,5KB (KiloByte). Ethernet sendiri Bandwidth nya maksimum adalah 10Mbps, yaitu sekitar 10ribu Kilobit per detik (kira-kira 1000 KiloByte per detik). Jadi, kecepatan pengiriman satu Paket adalah sekitar 0,0015 detik/Paket.
Bila anda mempunyai file sebesar 30KB (KiloByte), maka file tersebut akan dipecah menjadi sekitar 20 Paket, dan akan dikirim dalam waktu 20 Paket x 0,0015 detik/Paket = 0,03 detik.

Tidak ada komentar: